BerbagiBarengFWD
Asuransi,  Kesehatan,  Review,  Social

Mudahnya Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan melalui Gerakan Berbagi Bareng FWD

Tidak terasa ya sudah dua bulan lebih kita dirumah untuk mengikuti himbauan physical distancing sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona. Dengan adanya himbauan tersebut membuat sebagian besar aktivitas para pekerja, siswa, bahkan mahasiswa dilakukan dari rumah. Aku sendiri termasuk ke dalam orang yang setiap hari harus stand by di depan laptop untuk bekerja secara online dari rumah. Sebagai seorang karyawan yang waktunya banyak dihabiskan diluar rumah, tidak dapat dipungkiri rasa bosan pasti ada.

Apalagi di bulan ramadan seperti sekarang, aku yang biasanya sering mengadakan kegiatan buka puasa bersama dengan teman-teman lama harus menerima kenyataan bahwa tahun ini hanya bisa buka puasa bersama keluarga dirumah. Sedih rasanya ketika pertemuan yang dilakukan setahun sekali ini tidak dapat terlaksana. Namun akhirnya aku sadar bahwa waktu bersama keluarga tidak kalah berharga dibandingkan waktu bersama teman. Sebab bisa menghabiskan waktu bersama keluarga selama bulan ramadan merupakan sebuah momen langka yang tidak pernah aku dapatkan di tahun-tahun sebelumnya.

Momen langka ini kemudian aku manfaatkan untuk bonding time dengan keluarga agar hubungan kami lebih kuat, terutama dengan anak. Misalnya dengan melakukan aktivitas-aktivitas menyenangkan selama dirumah seperti mengajak bermain boneka, membacakan buku cerita, memperkenalkan huruf, dan masih banyak lagi. Hal yang sangat jarang bisa aku lakukan ketika sibuk bekerja dulu. Rasa senang, bahagia, terharu, bercampur aduk menjadi satu ketika aku bisa melihat langsung tumbuh kembang anak setiap harinya.

 

Bermain Boneka bersama Anak
Bermain Boneka bersama Anak

 

Nah di kala pandemi seperti sekarang ini, aku juga sangat memperhatikan kesehatan keluarga lho. Makanya itu, aku tidak asal memberikan makanan untuk keluarga. Sebaliknya, sebisa mungkin aku harus memasak makanan yang bergizi. Tidak perlu mewah, namun harus mengandung gizi seimbang untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh selama masa pandemi.

 

Menu Sehat untuk Keluarga
Menu Sehat untuk Keluarga

 

Ada lagi nih hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan selama pandemi, yaitu masalah finansial. Hal ini menjadi sangat penting karena kesehatan keuangan mempunyai peran besar dalam menentukan stabilitas mental dan keluarga saat menghadapi pandemi serta melindungi diri dari kekacauan moneter di masa depan. Apalagi saat pandemi gini, pengeluaran jadi lebih banyak. Makanya itu, hari ini aku di rumah aja bareng FWD Life menyimak tips finansial dari Aidil Akbar dan Dono Pradana.

 

DiRumahAjaBarengFWD
DiRumahAjaBarengFWD

Tentang Di rumah aja bareng FWD

Melalui live instagram FWD yang berlangsung tanggal 20 Mei 2020 mulai pukul 16.30 WIB ini, aku memperoleh banyak ilmu baru seputar finansial. Ilmu yang diberikan pun sangat berbobot karena acara ini di isi oleh orang yang ahli dalam bidang finansial seperti Aidil Akbar. Sekedar info, Aidil Akbar adalah seorang wealth planner sekaligus pakar ekonomi mikro dan keluarga yang sudah mulai berkarir sejak tahun 1994.

Wealth planner adalah profesi gabungan antara financial planner dengan wealth manager. Financial planner biasanya bertugas untuk membuat sebuah perencanaan keuangan, sedangkan wealth manager bertugas untuk merekomendasikan produk-produk keuangan yang ada di perbankan tanpa melihat latar belakang keuangan nasabah. Sementara wealth planner dapat melakukan keduanya yaitu perencanaan, implementasi, dan konsultasi.

Selain Aidil Akbar, ada pula Dono Pradana yang merupakan seorang komika asal Surabaya. Dono Pradana juga pernah menjadi peserta kompetisi stand up comedy Indosiar season 1 di tahun 2015. Disini beliau bertugas sebagai moderator yang memandu dan mengatur jalannya acara agar berjalan lancar.

 

DiRumahBarengFWDLive
DiRumahBarengFWDLive

 

Setelah kurang lebih satu jam acara berlangsung, aku jadi mengerti dan paham bagaimana caranya mengatur keuangan agar tetap stabil meskipun di tengah pandemi. Beberapa tips yang disampaikan oleh Aidil Akbar antara lain menekan pengeluaran, menambah penghasilan, menyimpan gaji, menyiapkan dana darurat, dan mengatur prioritas kebutuhan.

Untuk menekan pengeluaran bisa dilakukan dengan mengurangi pengeluaran-pengeluaran untuk hal yang konsumtif dan tidak terlalu penting. Misalnya, kurangi kebiasaan jajan yang berlebihan dan manfaatkan waktu dirumah untuk memasak agar pengeluaran jadi lebih hemat. Kita juga bisa menambah penghasilan dengan mencari pekerjaan tambahan menggunakan hobi seperti mengaji atau lainnya. Aidil Akbar juga menyarankan kita untuk menyimpan gaji agar digunakan sebijak mungkin. Menurutnya, jangan gunakan uang gaji untuk foya-foya dan membeli barang yang tidak penting.

Oleh karena itu, mengatur skala prioritas kebutuhan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Adanya skala prioritas membuat seseorang lebih bijak dalam menentukan pilihan sesuai dengan tingkat kebutuhan. Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Menurut Aidil Akbar, idealnya dana darurat itu tergantung dari berapa banyaknya orangnya bergantung sama kita.

Tentang #BerbagiBarengFWD

Tidak hanya membahas seputar masalah finansial, Aidil Akbar bersama Dono Pradana juga mengajak kita untuk Berbagi Bareng FWD dengan berdonasi sebesar 200.000 rupiah melalui www.kitabisa.com/berbagibarengfwd. Nantinya semua uang yang dihasilkan dari donasi #BerbagiBarengFWD akan disumbangkan kepada anak-anak SOS Children’s Villages Indonesia untuk melawan Covid-19. Sementara untuk peserta donasi akan memperoleh jersey dari FWD Life di akhir progam sebagai bentuk ucapan terima kasih.

#BerbagiBarengFWD merupakan kolaborasi FWD Life bersama SOS Children’s Village yang diadakan untuk mengajak masyarakat berbagi dan menolong mereka yang kurang beruntung akibat wabah virus corona, terutama anak-anak. Sebab tidak hanya kesehatan, wabah ini juga berdampak pada keadaan ekonomi karena adanya pembatasan interaksi sosial. Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 5.500 anak asuh yang berasal dari 2.400 keluarga terkena dampak dari pandemi ini.

 

#BerbagiBarengFWD
#BerbagiBarengFWD

 

Rata-rata satu keluarga di SOS Children’s Village tersebut membutuhkan kurang lebih 1 juta rupiah untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan dan kebersihan. Oleh karena itu, dengan adanya gerakan kolaborasi untuk berbagi, FWD Life ingin memastikan bahwa setiap anak yang terdampak oleh situasi ini dapat memperoleh hak-haknya melalui bantuan langsung dan donasi. Tidak hanya itu, FWD Life juga ingin mereka yang kurang beruntung ini mendapatkan bantuan berupa kebutuhan dasar dan perlengkapan kebersihan supaya tetap sehat, aman, dan terlindungi.

Semoga dengan adanya gerakan kolaborasi untuk berbagi ini kita bisa saling meringankan beban satu sama lain sekaligus memberi arti lebih untuk anak-anak di SOS Children’s Village agar mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup yang lebih baik. Maka dari itu, jangan sia-siakan begitu saja kesempatan untuk melakukan kebaikan di bulan ramadan yang suci ini. Tunggu apalagi? Yuk, donasi sekarang juga!

 

BerbagiBarengFWD
#BerbagiBarengFWD

13 Komentar

  • Yeni Sovia

    Waw keren ya mba FWD ini. Jadi kita di rumah tetap bisa belajar ilmu dengan nonton tayangan yang diadakan oleh FWD. Walau di rumah kita tetap tambah ilmu dan mengasah empati juga

  • bayufitri

    Makna berbagi di bulan Ramadhan ini indah banget ya kak karena dengan berbagi akan menambah amalan dan membuat ladang pahala kita apalagi berbagi bareng FWD ya..karena tujuannya menolong anak2 yg terkena pandemi..

  • Icha Marina Elliza

    Selama pandemi memang harus memilah ya kak mana yang kebutuhan mana yang keinginan. Selain untuk diri kita, ada baiknya berbagi dengan sesama. Karena banyak sekali yang terkena imbas dari pandemi ini. Semoga kita bisa lalui dengan baik.

  • Mugniar

    SAlah satu hikmah pandemi ya, Mbak … kita jadi belajar dengan baik bagaimana mengelola keuangan. Bagus ada Berbagi Bareng FWD ini, banyak manfaat yang bisa didaparkan.

  • nurhilmiyah

    Salut dengan FWD yang bisa menggagas Kolaborasi untuk Berbagi. Membantu anak2 kurang mampu yg gak mendapatkan kasih sayang dan santunan di tengah pandemi gini ya, hikkss

  • RACHMANITA

    Aku kemarin juga ikutan Live bareng FWD mbak emang seru banget ya pembahasan nya ini aku ikutan sampai habis soalnya kmrn itu

    • Erfano

      Di tengah pandemik begini, masyarakat yang melek akan literasi keuangan pasti akan terbantu banget. Jadi ngggak bingung dan grasak grusuk karena sudah ada dana darurat, tabungan dan bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Sayangnya banyak masyarakat kita yg belum melek literasi keuangan…

      • Meilia Wuryantati

        Keren nih gerakan berbagi kebaikan dari FWD, jadi lebih tahu mudah nya berbagi kebaikan. Bagaimana menyimpan gaji, menyiapkan dana darurat dll. Live nya bermanfaat banget, menambah ilmu

  • Mutia Ramadhani

    Di Bali ada nih mba, SOS Children’s Villages Indonesia, bisa kerja sama dengan FWD juga nih. Senangnya yaaa, bisa IG Live bersama ahli dengan informasi yang sangat bermanfaat. Aktivitas sama juga sering saya lakukan selama berpuasa ini.

  • Melina Sekarsari

    Kondisi pandemik yang kemungkinan masih akan lama, aku berharap kegiatan positif seperti ini bisa turut dipertahankan juga. Tentunya, kita butuh informasi dan wawasan yang positif ya agar bisa bertahan termasuk dari sisi ekonomi. Selain itu, kegiatan kemanusiaan juga sepertinya masih akan terus dinantikan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.