Tidur Menggunakan Baby CloudFoam
Kesehatan,  Parenting

Review Baby CloudFoam: Ahlinya Bantal Bayi Anti Peyang

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam hal penampilan. Oleh karena itu, kebanyakan orang tua pasti khawatir ketika anaknya mengalami kepala peyang. Sebab kondisi tersebut dianggap dapat menganggu penampilan.

Ilustrasi Brachycephaly dan Plagiocephaly. Sumber: https://www.choc.org/neuroscience/craniosynostosis/
Ilustrasi Brachycephaly dan Plagiocephaly. Sumber: https://www.choc.org/neuroscience/craniosynostosis/

Pada umumnya kepala peyang dibagi menjadi 2 macam yaitu plagiocephaly dan brachycephaly. Plagiocephaly atau kepala miring merupakan kondisi dimana bentuk kepala bayi menyerupai jajar genjang apabila dilihat dari atas. Berikut ciri-ciri bayi yang mengalami plagiocephaly:

  • Bentuk kepala bayi datar di salah satu sisi
  • Salah satu telinga bayi terlihat lebih maju
  • Salah satu mata bayi terlihat lebih kecil
  • Salah satu pipi bayi terlihat lebih berisi
  • Kepala bayi berbentuk menyerupai jajar genjang apabila dilihat dari atas
Ilustrasi Plagiocephaly. Sumber: https://www.thebump.com/a/plagiocephaly-flat-head-syndrome
Ilustrasi Plagiocephaly. Sumber: https://www.thebump.com/a/plagiocephaly-flat-head-syndrome

Sementara untuk brachycephaly, bagian belakang kepala bayi terlihat rata dan tinggi sehingga wajah terlihat tidak normal. Berikut ciri-ciri bayi yang mengalami brachycephaly:

  • Bentuk kepala bayi menjadi lebih lebar
  • Tinggi kepala bayi tidak normal
  • Bentuk kepala bayi bagian belakang rata
  • Wajah terlihat kecil apabila dibandingkan dengan ukuran kepala bayi
  • Ujung telinga bayi menonjol dan bagian kepala diatas telinga menjadi bagian yang paling lebar
  • Bentuk kepala bayi menyerupai trapesium apabila dilihat dari atas
Ilustrasi Brachycephaly. Sumber: https://www.thebump.com/a/plagiocephaly-flat-head-syndrome
Ilustrasi Brachycephaly. Sumber: https://www.thebump.com/a/plagiocephaly-flat-head-syndrome
Penyebab Kepala Peyang

Selain tidak berbahaya, kepala peyang merupakan hal yang sangat umum terjadi pada bayi. Sebab kepala peyang terjadi pada 47% kelahiran diseluruh dunia. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya kepala peyang, baik saat masih dalam kandungan ataupun masalah pada tahun pertama kelahirannya. Berikut beberapa hal umum yang menyebabkan kepala peyang:

1. Posisi tidur bayi

Posisi tidur bayi merupakan salah satu penyebab terjadinya kepala peyang. Hal ini umumnya terjadi apabila bayi tidur telentang dengan posisi yang sama dalam waktu lama. Seperti kita tahu bahwa tengkorak bayi yang baru lahir sangat rentan dan lunak. Oleh karena itu, adanya tekanan pada bagian kepala bayi yang sama dalam waktu lama dapat menyebabkan terjadinya peyang.

2. Masalah dalam kandungan

Saat hamil tidak menutup kemungkinan terjadinya gangguan atau masalah pada kandungan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kekurangan cairan ketuban. Kekurangan cairan ketuban menyebabkan kepala bayi menjadi agak terjepit sehingga menimbulkan tekanan yang dapat menyebabkan kepala bayi menjadi peyang.

3. Lahir prematur

Tengkorak bayi yang terlahir secara prematur lebih lunak apabila dibandingkan dengan bayi pada umumnya. Hal ini menyebabkan bayi prematur lebih rentan mengalami perubahan bentuk kepala.

4. Otot leher tegang

Otot leher tegang atau dalam bahasa medis Congenital Muscular Torticollis menjadi salah satu penyebab terjadinya kepala peyang. Sebab otot leher tegang membuat kepala bayi hanya bertumpu pada satu sisi dalam waktu yang lama.

Cara Mencegah dan Mengatasi Kepala Peyang

Kepala peyang pada bayi memang tidak berbahaya, namun hal ini tentu akan mengganggu penampilannya. Oleh karena itu, berikut cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi kepala peyang pada bayi:

1. Atur posisi tidur dan menyusui

Mengatur posisi tidur dan menyusui pada bayi merupakan hal yang sangat penting untuk menghindari terjadinya kepala peyang. Oleh karena itu, seringlah mengubah posisi tidur dan menyusui bayi agar tidak tertidur dengan satu posisi. Sebab tidur pada satu sisi dalam waktu yang lama akan menimbulkan tekanan terus-menerus pada kepala bayi. Pada akhirnya tekanan tersebut akan menjadi penyebab terjadinya kepala peyang.

2. Gendong bayi
Terlalu lama berbaring atau telentang pada posisi yang sama dapat menyebabkan kepala bayi menjadi peyang karena terus-menerus mendapatkan tekanan pada posisi yang sama. Oleh karena itu, menggendong bayi bisa jadi solusi untuk menghindari terjadinya kepala peyang. Namun perlu di ingat, posisi gendongan juga harus divariasikan atau diganti secara rutin supaya kepala bayi tidak peyang.

3. Tummy time
Berbaring tengkurap bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kepala peyang pada bayi lho. Bahkan tummy time juga bisa melatih kekuatan otot leher bayi. Oleh karena itu, lakukanlah secara rutin tummy time setiap hari selama 15 menit.

4. Menggunakan bantal anti peyang

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi kepala peyang pada bayi adalah menggunakan bantal anti peyang Baby CloudFoam. Bantal ini dipercaya dapat menjaga bentuk kepala bayi agar tetap bulat karena didesain khusus untuk menjaga pembentukan kepala bayi.

Baby CloudFoam
Baby CloudFoam
Tentang Baby CloudFoam

Baby CloudFoam merupakan bantal terapis yang terdiri dari Baby CloudFoam Pillow dan Baby CloudFoam Hand Pillow untuk mencegah terjadinya kepala bayi tidak normal atau peyang. Bantal ini dibuat berdasarkan riset selama kurang lebih tiga tahun dan didukung oleh ilmu pengetahuan serta pengalaman di dunia kedokteran ibu dan anak selama lebih dari 30 tahun.

Baby CloudFoam Pillow
Baby CloudFoam Pillow

Bantal Baby CloudFoam ini juga didesain secara khusus menggunakan perpaduan kulit kacang hijau yang telah diolah sebagai isian bantal dan katun sebagai bahan sarung bantal agar tetap nyaman saat digunakan dan sesuai dengan kepala bayi yang masih lunak. Kulit kacang hijau di bantal Baby CloudFoam ini berfungsi untuk memijat secara alami dan melancarkan aliran atau peredaran darah pada kepala bayi. Penggunaan kulit kacang hijau ini juga bermanfaat untuk pembentukan tulang kepala atau tengkorak dan merangsang pertumbuhan rambut bayi.

Sebagai bantal terapis yang dibuat secara khusus, Baby CloudFoam ini mempunyai beberapa manfaat seperti:

  • Mencegah kepala peyang pada bayi
  • Memperbaiki kepala bayi yang sudah terlanjur peyang
  • Melancarkan peredaran darah
  • Membantu pertumbuhan rambut bayi
  • Mencegah kebotakan
  • Sangat dianjurkan untuk bayi
  • Tanpa efek samping
Cara Menggunakan Baby CloudFoam

Baby CloudFoam mempunyai dua produk yang dapat digunakan untuk mengatasi kepala peyang pada bayi yaitu Baby CloudFoam Pillow untuk alas tidur dan Baby CloudFoam Hand Pillow untuk bayi saat digendong atau menyusui. Berikut cara penggunaan Baby CloudFoam Pillow untuk mengatasi kepala peyang pada bayi:

  1. Ratakan kulit kacang hijau pada Baby CloudFoam Pillow menggunakan tangan
  2. Bentuk bantal pada tengah Baby CloudFoam Pillow untuk menempatkan kepala bayi menggunakan kepalan tangan
  3. Letakkan kepala bayi pada Baby CloudFoam Pillow
Tidur Menggunakan Baby CloudFoam
Tidur Menggunakan Baby CloudFoam

Sementara Baby CloudFoam Hand Pillow dapat digunakan dengan cara berikut:

  1. Masukkan tangan mom atau dad ke karet pada bagian belakang Baby CloudFoam Hand Pillow
  2. Letakkan Baby CloudFoam Hand Pillow pada siku lengan untuk meletakkan kepala bayi
  3. Tekan bagian tengah Baby CloudFoam Hand Pillow menggunakan tangan
  4. Letakkan kepala bayi di tengah bantal yang sudah disiapkan
Menggendong Bayi Menggunakan Baby CloudFoam Hand Pillow
Menggendong Bayi Menggunakan Baby CloudFoam Hand Pillow
Cara Tepat Menyimpan Baby CloudFoam

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat akan menyimpan produk Baby CloudFoam agar produk tetap awet dan tidak mudah rusak:

  1. Pastikan bantal terapi Baby CloudFoam tersimpan dalam kondisi kering
  2. Hindari mencuci bantal Baby CloudFoam, cukup cuci sarung bantalnya saja menggunakan tangan
  3. Rutin menjemur bantal Baby CloudFoam (sehari sekali bila udara dingin dan dua hari sekali bila udara panas)
  4. Cukup angin-anginkan bantal Baby CloudFoam menggunakan kipas angin apabila cuaca sedang mendung
Kesan Setelah Menggunakan Baby CloudFoam

Saya sendiri menggunakan Baby CloudFoam untuk memperbaiki bentuk kepala anak kedua saya yaitu Naja. Sebab saat berusia dua bulan kepala Naja agak sedikit peyang ke kanan akibat terlalu sering tidur dan digendong dengan posisi yang sama dalam waktu yang lama. Walaupun tidak berbahaya, jujur saja saya agak terganggu dengan bentuk kepalanya yang agak peyang. Oleh karena itu, saya ingin memperbaiki bentuk kepalanya agar normal kembali menggunakan produk Baby CloudFoam.

Berbeda dengan produk bantal anti peyang lainnya, Baby CloudFoam ini menurut saya unik karena dibuat menggunakan kulit kacang hijau dan tanpa proses kimia sehingga aman digunakan oleh bayi. Awalnya saya kira bantal ini akan keras dan tidak nyaman saat digunakan oleh bayi karena terbuat dari kulit kacang hijau. Namun ternyata saya salah! Produk ini justru sangat pas digunakan oleh Naja karena tidak terlalu keras ataupun terlalu empuk. Bahannya juga halus dan lembut sehingga lebih nyaman digunakan saat Naja tidur.

Tidur Malam dengan Baby CloudFoam Pillow
Tidur Malam dengan Baby CloudFoam Pillow

Agar hasil yang lebih maksimal, saya rutin menggunakan kedua produk Baby CloudFoam saat beraktivitas sehari-hari. Untuk Baby CloudFoam Pillow biasanya saya gunakan saat Naja sedang bermain, menyusui ataupun tidur pada siang dan malam hari. Sementara untuk Baby CloudFoam Hand Pillow saya gunakan saat Naja digendong atau disusui dalam gendongan.

Hasil Sebulan Pemakaian Baby CloudFoam
Hasil Sebulan Pemakaian Baby CloudFoam

Alhamdulillah usaha saya menggunakan produk Baby CloudFoam tidak sia-sia karena setelah sebulan pemakaian, hasilnya sudah mulai terlihat. Kepala Naja yang tadinya peyang kini mulai berkurang dan berangsur normal. Bukan cuma bahagia, saya juga jadi semakin bersemangat menggunakan produknya agar bentuk kepala Naja kembali bulat sempurna seperti bayi lainnya.

Jadi, buat para orang tua yang anaknya mengalami kepala peyang sekarang tidak perlu khawatir lagi. Kita masih bisa memperbaiki bentuk kepala si bayi menggunakan bantal terapis Baby CloudFoam. Satu set Baby CloudFoam ini terdiri dari bantal anti peyang, hand pillow, selimut atau alas tidur bayi, dan guling. Warnanya sendiri terdiri dari tujuh varian yaitu merah, pink, biru, kuning, hijau tua, ungu muda, mocca. Produk Baby CloudFoam ini bisa mom dan dad beli di marketplace kesayangan ya. Untuk informasi lebih lanjut bisa mom dan dad cek di website resmi mereka di link berikut https://cloudfoam.id/bcf

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.