Food,  Sejarah

Onigiri Futago

Hayoo kalian pasti udah pada gak asing lagi kan sama makanan satu ini? Yes, that’s it Onigiri. Kali ini aku mau review sedikit tentang Onigiri Futago. Tapi sebelum aku review, alangkah baiknya kalo aku jelasin dikit tentang sejarah dari onigiri dan berdirinya Onigiri Futago ya. Let’s check out!

Onigiri Futago
Onigiri Futago

Onigiri atau yang kita kenal juga dengan nasi kepal merupakan salah satu makanan tradisional berbentuk bulat ataupun segitiga yang berasal dari negara sakura. Banyak versi dari awal mula makanan ini dibuat. Tapi sebagian besar bilang kalo bentuk nasi kepal berbungkus daun udah dikonsumsi sejak jaman Yayoi atau sekitar 300M (Masehi). Sementara untuk bentuk onigiri yang kita kenal saat ini merupakan tradisi yang telah ada sejak pertengahan jaman Heian atau sekitar 794-1185M.

Awalnya onigiri atau nasi kepal ini dibuat sebagai bekal para prajurit atau cemilan untuk piknik. Berbeda dengan saat ini, onigiri pada jaman dahulu hanya terbuat dari nasi yang dikepal kemudian ditambah dengan garam sebagai penambah rasa. Nah masuk ke tahun 1970-an, onigiri semakin terkenal di kalangan orang Jepang dan jadi salah satu makanan favorit.

Gak cuma di Jepang aja, onigiri juga populer di Indonesia. Saking populernya, banyak gerai yang akhirnya menawarkan onigiri dengan cita rasa Indonesia. Salah satunya Onigiri Futago yang berhasil membuka gerainya untuk pertama kali tahun 2009 di FX Senayan. By the way, onigiri ini udah cukup populer di kalangan teman sekolah si pemilik (Yuka dan Yuki) sebelum mereka membuka gerainya di FX Senayan lho. Kok bisa ya? Ternyata oh ternyata semasa sekolah dulu saudara kembar ini sering dibawakan bekal onigiri oleh sang ibu. Nah karena bentuknya unik, banyak teman sekelas mereka yang akhirnya memesan untuk dibuatkan onigiri tersebut.

Onigiri Futago
Onigiri Futago

Nah kira-kira gimana ya rasa dari Onigiri Futago ini? Yuk langsung dibaca aja! Untuk review kali ini aku buat berdasarkan pengalaman makan onigiri rasa salmon mayo. Well, aku sebenarnya kurang suka sama makanan Jepang gitu. Soalnya makanan Jepang kebanyakan pakai bahan mentah dan bau amis. Tapi untuk onigiri ini alhamdulillah aku bisa terima, karena isiannya matang dan udah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Jadi gimana? Overall rasanya enak. Salmonnya gak amis dan mayonya pas, makanya pas makan ini tuh gak blenger sama sekali. Tapi sayang isian salmonnya kurang banyak (yaiyalah secara harganya juga murah meriah) hehehe. Bentuknya unik, nasinya kenyal dan padat tapi gak keras. Oiya, nasi sama norinya ini terpisah ya tapi masih satu kemasan. Jadi nanti kita bungkus sendiri gitu nasinya dengan nori yang sudah disediakan. Tenang, nasinya gak bikin tangan lengket kok hehehe. Akhir kata, Onigiri Futago ini recommended untuk dicoba. Cocok nih buat sarapan atau ganjelan sore hari kamu karena satu onigiri aja udah bisa bikin perut kenyang 🙂

8 Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.