Nasi Goreng Putih

Hai guys,
Kali ini aku akan berbagi resep nasi goreng putih. Sebelum masuk ke resepnya, akan lebih baik kalo kita bahas sedikit mengenai sejarah dari nasi goreng itu sendiri. Jujur aja, kamu pasti bingung kan ketika ditanya asal dari makanan yang sangat populer ini? Atau sebagian orang berpikir kalo nasi goreng merupakan resep asli dari Indonesia. Sayang sekali, anda kurang tepat!

Nasi goreng sudah ada sejak tahun 4000 SM (Sebelum Masehi). Resep ini tercipta karena kebiasaan orang Tionghoa yang sayang membuang nasi sisa. Di sisi lain, mereka juga tidak suka dengan makanan yang sudah dingin. Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, nasi yang sudah dingin disulap menjadi makanan baru (dengan cara digoreng kembali) dengan ditambahkan bumbu, sayur-sayuran, dan berbagai macam bahan pelengkap lainnya.

Kapan nasi goreng masuk ke Indonesia? Resep ini mulai dikenal masyarakat Indonesia pada abad ke-10. Tepatnya ketika orang Tionghoa mulai datang dan menetap di Indonesia. Pada saat menetap di berbagai pulau di Indonesia inilah orang-orang Tionghoa mulai memperkenalkan resep nasi goreng kepada masyarakat Indonesia. Namun berbeda dengan di negara asalnya, nasi goreng di Indonesia disesuaikan dengan bahan-bahan yang tersedia. Tidak heran kalau setiap daerah memiliki nasi goreng dengan varian yang unik.

Nasi Goreng Putih
Nasi Goreng Putih

Nah untuk membuat nasi goreng putih, kita memerlukan bahan-bahan seperti:
1. Cabai rawit hijau secukupnya (aku pakai cabai dengan jumlah ganjil, konon katanya kalo jumlahnya ganjil sambal akan semakin pedas seperti mulut netijen *eh)
2. Bawang putih 2 siung, cincang halus
3. Petai sesuai selera
4. Ikan asin peda sesuai selera
5. Margarin 1 sdm
6. Nasi putih secukupnya
7. Garam secukupnya
8. Penyedap rasa secukupnya
9. Bawang goreng untuk bahan pelengkap
10. Kerupuk untuk bahan pelengkap
11. Cabai rawit untuk hiasan

Step:

1. Ulek cabai rawit hijau hingga halus, sisihkan.
2. Panaskan penggorengan kemudian lelehkan margarin untuk menumis.
3. Masukkan bawang putih cincang kemudian tumis sampai harum. Tambahkan petai dan ikan asin, tumis kembali hingga petai agak layu dan wangi.
4. Masukkan cabai yang sudah dihaluskan, tumis hingga harum. Kemudian tambahkan nasi secukupnya, aduk hingga bumbu cabai merata.
5. Selanjutnya tambahkan garam dan penyedap rasa sesuai selera. Aduk terus hingga seluruh bumbu merata.
6. Nasi goreng putih siap disajikan bersama bahan pelengkap dan hiasan.

Notes:
Agar nasi goreng berwarna putih, gunakan cabai rawit hijau dan hindari penggunaan kecap manis (atau gunakan seminimal mungkin) pada saat proses memasak.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.