Merdekakan Pilihan Kartu Kreditmu Melalui Cermati

“Hari gini punya kartu kredit tuh perlu! Apalagi untuk hal-hal mendesak saat kita enggak ada duit”, ucapan inilah yang sering aku dengar dari teman di kantor. Emang sih sekarang ini kartu kredit itu bukan suatu hal yang aneh atau mahal. Soalnya hampir semua orang sudah memiliki kartu kredit, bahkan satu orang pun bisa memiliki dua sampai tiga kartu kredit. Beda sama dulu, dimana hanya orang-orang tertentu saja yang mempunyai kartu “sakti” ini. Sebelum membahas lebih jauh mengenai kartu kredit, aku akan bahas sedikit bagaimana produk ini bisa masuk dan berkembang pesat di Indonesia. Lanjuuuut!

Kartu kredit pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh Bank Duta pada tahun 1980-an. Bank Duta merupakan satu-satunya bank yang menerbitkan kartu kredit karena telah menjalin kerja sama dengan VISA dan MasterCard International. Tidak seperti sekarang, dulu kartu kredit ini hanya ditujukan untuk nasabah Bank Duta yang berasal dari orang-orang kalangan berada seperti pengusaha, pejabat, dan orang kelas menengah atas aja yang bisa memiliki kartu kredit pada saat itu. Saat itu, untuk mempunyai kartu kredit kita harus datang dan memohon ke bank serta harus lolos dari berbagai persyaratan seperti jumlah tabungan, jabatan pekerjaan, sampai status sosial.

Kartu Kredit
Kartu Kredit

Seiring berjalannya waktu eksistensi Bank Duta akhirnya meredup karena semakin banyaknya produk sejenis yang dikeluarkan oleh bank lain seperti CitiBank, BCA, dan lain sebagainya. Semakin banyaknya bank yang menerbitkan kartu kredit dan mudahnya persyaratan untuk memperoleh kartu ini membuat permintaan pasar semakin melonjak. Berdasarkan data Bank Indonesia, jumlah kartu kredit yang beredar pada akhir tahun 2018 adalah 17,28 juta. Melihat kondisi gaya hidup kini yang cenderung konsumtif, tentunya jumlah kartu kredit ini terus meningkat. Sebab adanya kartu kredit akan mempermudah siapapun pemiliknya untuk menikmati berbagai macam fasilitas tanpa perlu pusing membawa uang atau “tidak ada uang”.

Banyaknya permintaan kartu kredit membuat produk ini jadi salah satu bisnis yang sangat berpotensi untuk mendatangkan pundi-pundi uang dan keuntungan. Oleh karena itu, para penerbit kartu kredit saat ini saling berlomba agar produknya diminati oleh konsumen. Berbagai cara mereka lakukan seperti misalnya mengadakan promosi dan menawarkan fasilitas yang sangat menggiurkan. Akibatnya orang semakin tertarik untuk memiliki kartu kredit, termasuk aku. Tapi banyaknya jenis dan macam kartu kredit justru bikin aku makin bingung harus memilih yang mana. Apalagi kalo harus dibandingkan satu persatu secara manual, beuh pasti makan waktu banget kan!
Berbagai Macam Kartu Kredit
Berbagai Macam Kartu Kredit

Alhamdulillah sekarang aku udah menemukan solusinya nih. Soalnya udah ada Cermati yang akan mengatasi berbagai permasalahan dalam hal finansial. Buat kamu yang belum tau, Cermati adalah perusahaan start up yang berfokus pada bidang teknologi finansial. Platform teknologi ini sendiri dibuat dengan visi menjadikan informasi finansial lebih mudah diakses sehingga lebih berguna untuk masyarakat. Sesuai dengan namanya, Cermati juga hadir dengan misi agar setiap orang dapat mengendalikan situasi finansial mereka dengan cara membuat keputusan finansial yang “cermat”. Melalui Cermati inilah aku bisa memperoleh informasi lengkap mengenai berbagai jenis kartu kredit yang ada. Sebab Cermati menyediakan fitur-fitur yang memudahkan kita untuk mencari informasi setiap jenis kartu kredit seperti gambar dibawah ini:

Cermati
Fitur Cermati

Empat kolom yang terdapat di Cermati ini berfungsi untuk memudahkan kita menyaring data berdasarkan penerbit kartu kredit, fitur yang ditawarkan, biaya iuran tahunan, dan penghasilan tahunan sang calon kreditur. Adanya fitur-fitur tersebut tentunya sangat memudahkan kita sebagai calon kreditur. Misalnya kolom penerbit kartu kredit ini memungkinkan kita untuk memilih bank penerbit kartu kredit apa saja yang ingin ditampilkan. Melalui Cermati kita juga bisa membandingkan antara satu kredit dengan kartu kredit lainnya berdasarkan fitur-fitur unggulan seperti biaya cicilan, tingkat bunga, hingga reward dan cashback. Namun untuk menggunakan fitur perbandingan ini, kita hanya bisa membandingkan maksimal tiga jenis kartu kredit aja gengs.

Fitur Perbandingan Cermati
Fitur Perbandingan Cermati

Pada akhirnya aku tidak bingung dan galau lagi akan membuka kartu kredit bank apa. Sebab aku sangat terbantu dengan fitur-fitur dari Cermati yang memberikan informasi detail setiap produk kartu kredit secara benar. Berkat Cermati pula aku bisa mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari setiap produk dari berbagai hal. Tidak hanya itu, aku pun jadi bisa menyesuaikan kartu kredit mana yang cocok dan sesuai dengan keadaan keuanganku. In the end, hari gini masih bingung mau pilih kartu kredit? di Cermati aja!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.