Keragaman Indonesia by https://insanpelajar.com/
Budaya,  Social

Memberikan Pengakuan Hukum Atas Hak Masyarakat Adat di Indonesia

Bhinneka Tunggal Ika, bukan hanya sekedar semboyan ataupun lambang negara Indonesia. Kalimat yang juga tertera dalam lambang negara ini mempunyai makna yang sangat penting. Terutama dalam menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam suku, budaya, ras, agama serta bahasa. Seperti kita tau, Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas 17000 pulau dan 714 suku. Hal inilah yang membuat Indonesia kaya akan keberagaman suku, adat istiadat, bahasa, ras, dan kebudayaan. Pada perjalanannya keanekaragaman suku, bangsa, budaya, adat, dan agama yang ada di Indonesia ini tidak jarang menimbulkan suatu konflik ataupun diskriminasi. Misalnya diskriminasi terhadap hak masyarakat adat di Indonesia seperti tanah dan sumber daya alam pada masyarakat adat di Indonesia.

Masyarakat Adat di Indonesia by https://insanpelajar.com/
Masyarakat Adat di Indonesia by https://insanpelajar.com/

Seputar Masyarakat Adat di Indonesia

Masyarakat adat di Indonesia adalah komunitas yang hidup berdasarkan asal-usul leluhur secara turun-temurun di atas suatu wilayah adat. Komunitas yang mendiami suatu wilayah adat ini juga mempunyai kedaulatan atas tanah, kekayaan alam, dan kehidupan sosial budaya yang diatur hukum adat serta lembaga adat. Berdasarkan data dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), di Indonesia terdapat 2.359 komunitas adat dengan jumlah anggota kurang lebih 17 juta. Sayangnya keberadaan masyarakat adat kian terancam karena upaya penjarahan sumber daya alam ataupun pengalihan fungsi hutan.

Hal ini menyebabkan semakin tersingkirnya hak-hak masyarakat adat. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan karena sistem ekonomi lebih mengutamakan keuntungan pemilik modal dibandingkan hak masyarakat adat. Akibatnya banyak masyarakat adat yang terusir dari lahan mereka sendiri. Parahnya lagi, kehidupan masyarakat desa jauh dari kata sejahtera karena pembangunan seringkali membawa dampak yang kurang baik terhadap masyarakat adat. Tidak hanya dalam sistem ekonomi, sistem hukum di Indonesia juga kurang menghargai tradisi dan hukum milik masyarakat adat.

Infografis tentang Masyarakat Adat di Indonesia by https://www.retorika.id/
Infografis tentang Masyarakat Adat di Indonesia by https://www.retorika.id/

Padahal negara sendiri telah mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 18B ayat (2) yang berbunyi “Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat serta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diatur dalam undang-undang“. Lebih lanjut lagi, dalam UUD 1945 Pasal 28I ayat (3) dikatakan bahwa “Identitas budaya dan masyarakat tradisional dihormati selaras dengan perkembangan zaman dan peradaban”.

Hak Masyarakat Adat di Indonesia

Untuk itulah peran generasi muda sangat diperlukan agar hak masyarakat adat di Indonesia mendapatkan pengakuan hukum. Sebab komunitas yang mendiami wilayah adat ini sudah ada sebelum negara Indonesia terbentuk. Maka sudah sepantasnya mereka mendapatkan hak-hak yang melekat pada masyarakat adat atau hak asal-usul. Dengan adanya hak asal-usul ini seharusnya komunitas yang mendiami wilayah adat tersebut diposisikan sebagai kelompok masyarakat yang bersifat otonom terhadap negara. Hak-hak masyarakat adat antara lain hak atas tanah dan sumber daya alam, hak kebudayaan, hak menentukan nasib sendiri, dan hak penuh untuk menentukan prioritas atas wilayahnya.

Masyarakat Adat di Indonesia by http://www.lespimous.com/
Masyarakat Adat di Indonesia by http://www.lespimous.com/

Pengakuan hukum dapat dilakukan dengan mengakui, menghormati, melindungi, dan memenuhi hak masyarakat adat melalui pernyataan penerimaan dan pemberian status keabsahan oleh negara dan hukum yang berlaku. Konsep menghormati disini berarti negara tidak melanggar hak masyarakat adat. Kemudian untuk konsep melindungi mempunyai arti pemerintah mencegah dan menindaklanjuti pelanggaran terhadap hak masyarakat adat. Untuk konsep memenuhi disini juga mempunyai arti yang tidak kalah penting dimana sebagai pemimpin sudah sepatutnya mengevaluasi berbagai kebijakan dan peraturan serta merencanakan dan melaksanakan kebijakan terkait hak-hak masyarakat. Tidak kalah pentingnya lagi, pemimpin juga harus memajukan hak masyarakat adat melalui program-program pemerintah. Program yang dimaksud berkaitan dengan pengakuan hukum agar pengakuan hukum masyarakat adat yang ada bisa diimplementasikan untuk memajukan hak masyarakat adat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.