Kegiatan Mendongeng
Parenting,  Review

Membangun Karakter Positif Pada Anak Menggunakan Dongeng Lets Read

Setiap anak yang terlahir ke dunia pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang baik dan ada pula yang kurang baik. Karakter ini berkembang sesuai karakter dasar yang bersifat biologis atau genetik. Hal inilah yang membuat anak cenderung memiliki karakter yang sama dengan orang tuanya.

Perlu diketahui bahwa karakter tersebut masih bisa berubah seiring dengan bertambahnya usia dan interaksi yang dilakukan oleh anak. Tidak hanya usia dan interaksi, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak. Oleh karena itu, sebagai orang yang memiliki ikatan terdekat dengan anak, orang tua memiliki peran yang sangat besar dalam membangun karakter anak.

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membangun karakter positif pada anak. Salah satunya menggunakan media cerita bergambar atau dongeng. Selain memberikan pelajaran hidup, dongeng juga bisa melatih otak anak untuk semakin berkembang. Seperti kata Albert Einstein “Jika Anda ingin anak-anak menjadi cerdas, bacakanlah dongeng untuk mereka. Jika Anda ingin mereka menjadi lebih cerdas lagi, bacakanlah dongeng lebih banyak lagi”.

Nasib Dongeng Terkini

Dongeng atau buku cerita bergambar merupakan hiburan yang sangat digemari anak-anak pada jaman dahulu. Namun seiring dengan kemajuan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi membuat dongeng seakan terlupakan dan terkesan kuno. Padahal mendongeng itu sangat banyak manfaatnya. Misalnya, dongeng bisa membuat anak berpikir kritis dan mengerti mengenai nilai-nilai kehidupan dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, mendongeng juga membuat mengerti mana yang baik dan buruk sesuai dengan kisah yang dibacakan.

Cerita Dongeng Sangkuriang by Pinterest
Cerita Dongeng Sangkuriang by Pinterest

Oleh karena itu, agar tradisi mendongeng dapat terus dilestarikan perlu dilakukan sebuah inovasi. Salah satunya bisa dilakukan dengan mengubah cara penyajian cerita agar lebih menarik dan mudah bagi masyarakat untuk membacanya. Hal ini dapat diwujudkan dengan membuat buku dongeng digital seperti aplikasi Let’s Read.

Apa itu Let’s Read?

Let’s read adalah sebuah aplikasi perpustakaan digital persembahan dari The Asia Foundation atas prakarsa Books For Asia. Sesuai dengan misinya untuk membudayakan kegemaran membaca pada anak Indonesia sejak dini, aplikasi Let’s Read menyediakan lebih dari 1000 bahan bacaan.

 

Aplikasi Let's Read
Aplikasi Let’s Read

Buku cerita bergambar tersebut terdiri atas beberapa bahasa diantaranya bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa Malaysia, dan masih banyak lagi. Sementara untuk mengembangkan cerita rakyat yang kaya kearifan lokal sesuai dengan misinya, Let’s Read juga menyediakan buku cerita bergambar dalam bahasa lokal seperti bahasa Jawa, bahasa Bali, bahasa Minang, dan bahasa Sunda.

Beragam Bahasa yang terdapat pada Aplikasi Lets Read
Beragam Bahasa yang terdapat pada Aplikasi Lets Read

 

Tidak hanya bahasa, kategori dongeng yang disediakan pun cukup beragam. Ada cerita tentang superhero, science, animal, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya kategori dongeng ini, tentu kita para orang tua jadi punya banyak pilihan cerita yang akan dibacakan. Anak pun tidak mudah bosan karena dongeng yang diceritakan hanya itu-itu saja.

Kategori Cerita Pada Aplikasi Let's Read
Kategori Cerita Pada Aplikasi Let’s Read

 

Membangun Karakter Positif Anak Menggunakan Let’s Read

Membangun karakter pada anak memang bukan sesuatu yang mudah dan instan. Sebab untuk membangun karakter seseorang dibutuhkan proses yang cukup panjang. Apalagi ditengah era globalisasi seperti sekarang dimana arus informasi semakin deras dan mudah diakses, membangun karakter tentu sangat banyak tantangannya. Penuh tantangan bukan berarti kita tidak bisa lho, ya!

Saat ini, masih banyak cara yang dapat kita gunakan untuk membangun karakter positif pada anak seperti mendongeng. Hal ini dapat dilakukan setiap orang tua sedini mungkin. Selain merupakan masa keemasan anak, nilai-nilai karakter pada cerita bergambar dongeng juga akan tertanam kuat di dalam hati dan pikiran anak. Oleh karena itu, media ini sangat efektif apabila digunakan untuk menanamkan karakter positif pada anak.

Kegiatan Mendongeng
Kegiatan Mendongeng

 

Kegiatan mendongeng juga tidak melulu harus menggunakan buku fisik, lho! Sebab dengan majunya teknologi, sekarang ini kita bisa mendongeng menggunakan aplikasi Let’s Read dari handphone. Tidak jauh berbeda dengan menggunakan buku, mendongeng secara digital juga sangat mengasyikkan. Bahkan menurutku, dongeng menggunakan aplikasi ini jauh lebih mudah dan praktis. Selain banyaknya pilihan dongeng yang disediakan, aku juga bisa mengakses aplikasi ini dimana pun dan kapan pun.

Dongeng Malin Kundang di Aplikasi Let's Read
Dongeng Malin Kundang di Aplikasi Let’s Read

 

Apalagi buat Ibu yang sibuk bekerja dengan dua anak balita seperti aku ini, menggunakan Let’s Read tentu pilihan tepat. Soalnya aku tidak perlu lagi pusing buku dongeng akan tercecer, hilang, atau bahkan disobek oleh anak. Cukup buka aplikasi Let’s Read di handphone dan aku siap mendongeng untuk membangun karakter positif pada anak. Nah kali ini, aku memilih cerita berjudul Malin Kundang pada aplikasi Let’s Read. Alasanku memilih cerita Malin Kundang tidak lain dan tidak bukan karena banyaknya nilai moral dalam cerita yang dapat diteladani guna membangun karakter anak dengan positif.

Isi Dongeng Malin Kundang di Aplikasi Let's Read
Isi Dongeng Malin Kundang di Aplikasi Let’s Read

 

Takjub, itulah yang aku rasakan ketika membaca Malin Kundang di aplikasi tersebut. Sebab tampilan pada aplikasi ini sangat menarik dipenuhi warna dan gambar sehingga anak tidak mudah bosan saat melihatnya. Kalo sebagus ini, kira-kira mahal tidak ya biaya langganannya? Tenang! Semua ini bisa diakses secara gratis, lho! Makanya, yuk langsung aja download aplikasi Let’s Read di Playstore.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.