Ilustrasi Mengelola Keuangan Secara Bijak. Sumber: https://finansial.bisnis.com/
Financial

Cara Mengelola Keuangan Secara Bijak Selama Pandemi

Mengelola keuangan secara bijak sudah seharusnya kita lakukan disaat pandemi seperti ini. Sebab sudah lebih dari satu tahun lamanya pandemi wabah corona melanda Indonesia dan mengubah banyak aspek kehidupan. Selain kesehatan, pandemi juga berpengaruh besar terhadap perekonomian dunia hingga perekonomian rumah tangga. Akibatnya banyak perusahaan yang melakukan efisiensi dengan cara pemutusan hubungan kerja atau PHK dan menyebabkan banyak orang kehilangan mata pencaharian.

Ilustrasi UMKM. Sumber: https://www.dara.co.id/
Ilustrasi UMKM. Sumber: https://www.dara.co.id/

 

Tidak hanya perusahaan, pandemi juga sangat berdampak terhadap usaha menengah kecil mikro atau UMKM. Banyak UMKM yang bangkrut dan terancam tutup karena menurunnya pendapatan. Hal tersebut juga saya rasakan sendiri dimana pendapatan sangat merosot apabila dibandingkan saat normal dulu. Oleh karena itu, agar dapat bertahan di masa penuh ketidakpastian ini, mengelola keuangan secara bijak harus segera dilakukan.

Ilustrasi Mengelola Keuangan Secara Bijak. Sumber: https://finansial.bisnis.com/
Ilustrasi Mengelola Keuangan Secara Bijak. Sumber: https://finansial.bisnis.com/

 

Cara mengelola keuangan yang dapat diterapkan oleh UMKM:

1. Pastikan keuangan usaha terpisah dari keuangan keluarga
Pemisahan antara keuangan usaha dan keuangan keluarga ini sangat penting dilakukan agar arus kas tercatat dengan baik dan tidak kacau. Sebab dengan dilakukannya pemisahan tersebut, kita tidak perlu lagi pusing memisahkan antara transaksi hasil usaha dengan transaksi pribadi. Adanya pemisahan keuangan ini juga akan memudahkan para pemilik untuk melihat performa usahanya.

2. Bisa menentukan biaya produksi dan harga jual

Menentukan biaya produksi merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan dalam suatu usaha. Sebab dengan mengetahui biaya produksi, kita bisa menentukan harga jual yang tepat agar usaha tidak rugi.

3. Bisa mengatur cash flow

Hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam suatu usaha adalah mengatur cash flow atau perencanaan keuangan. Sebab dengan adanya perencanaan keuangan yang tersusun dengan rapi dapat membantu kita dalam memantau pola dan sifat pengeluaran

4. Bisa membayar cicilan

Melakukan pembayaran cicilan dengan baik dan tepat waktu merupakan suatu keharusan bagi pemilik usaha. Tidak lain dan tidak bukan untuk memberikan kemudahan bagi pemilik usaha saat akan mengajukan pinjaman berikutnya.

 

Berbicara masalah cicilan, saat ini para pemilik usaha bisa dengan lebih mudah mendapatkan dana pinjaman secara online lho! Namun sebelum memutuskan untuk meminjam, ada beberapa hal terkait pinjaman online yang harus diperhatikan seperti:

  1. Terpercaya atau reputable serta terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK
    Pinjaman online dapat dikatakan legal dan terpercaya apabila sudah terdaftar di OJK. Selain itu, peminjam juga akan mendapatkan jaminan perlindungan konsumen lho.
  2. Limit yang diberikan cukup besar
    Pilih pinjaman online yang menyediakan pinjaman dengan limit yang besar. Sebab dengan limit besar peminjam dapat lebih leluasa mengalokasikan dana untuk mengembangkan usahanya agar lebih maksimal.
  3. Jangka waktu yang diberikan panjang dengan bunga yang kompetitif
    Pilih pinjaman online yang menyediakan jangka waktu yang panjang dan bunga yang kompetitif. Hal ini sangat diperlukan agar peminjam dapat menyesuaikan jangka waktu cicilan sesuai dengan kemampuannya
  4. Jaminan
    Pastikan pinjaman online tidak membutuhkan jaminan yang memberatkan seperti halnya pada Tunaiku

    Ilustrasi Pinjaman Online. Sumber: https://www.grosirbersama.co.id/
    Ilustrasi Pinjaman Online. Sumber: https://www.grosirbersama.co.id/

 

Sekilas tentang Tunaiku

Tunaiku adalah sebuah platform pinjaman digital tanpa agunan dari PT Bank Amar Indonesia Tbk yang mulai beroperasi sejak 2014. Platform ini hadir sebagai solusi finansial bagi masyarakat yang kurang terlayani atau belum dilayani oleh lembaga keuangan formal.

Berbeda dengan pinjaman online lainnya, Tunaiku memiliki beberapa keunggulan seperti:

1. Limit pinjaman yang cukup besar mulai dari 2 juta sampai 20 juta rupiah

2. Bunga pinjaman yang kompetifif mulai dari 3 hingga 3 persen perbulan dan flat

3. Jangka waktu pinjaman yang panjang mulai dari 6 sampai 20 bulan

4. Biaya administrasi yang terjangkau sebesar 540 ribu rupiah yang sudah dimasukkan ke dalam cicilan bulanan

5. Syarat pengajuan yang mudah

 

Berikut syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi ketika akan mengajukan pinjaman online di Tunaiku:

1. Berusia 21 hingga 55 tahun

2. Mempunyai penghasilan

3. Hanya membutuhkan KTP sebagai jaminan

4. Domisili dan tempat bekerja masih ada pada wilayah cakupan Tunaiku

 

Kabar baiknya lagi nih, Tunaiku juga punya referral program. Melalui program ini, semua orang bisa menjadi pemberi referensi pinjaman Tunaiku yang bertugas untuk:

1. Memberikan informasi seputar Tunaiku secara benar

2. Membantu proses pendaftaran nasabah apabila diperlukan

3. Tidak berbuat curang atau menyalahgunakan status pemberi referensi. contohnya meminta biaya formulir kepada nasabah dengan mengatasnamakan Tunaiku

4. Menggunakan format nama ReferralTunaiku_kode referral apabila pemberi referensi ingin menggunakan sosial media untuk mempromosikan kode referralnya

5. Memberikan edukasi kepada nasabah tentang pengecekan status pinjaman secara benar

6. Membantu menginformasikan cara pembayaran cicilan yang benar

7. Membantu mengingatkan pembayaran cicilan dengan kesadaran pribadi

8. Referral bukan tim marketing dari Tunaiku, melainkan para pemberi referensi yang terdaftar dan aktif

 

Nah dari referral program ini, para pemberi referensi akan memperoleh komisi setiap bulannya sesuai dengan skema yang diikuti lho. Gimana? Menarik banget bukan? So, kalau kamu tertarik untuk ikutan program ini langsung aja yuk kepoin sosial medianya Tunaiku.

13 Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.