Ilustrasi anak menangis saat keramas
Parenting,  Review

Anak Sering Menangis Saat Keramas? Cari Tahu Penyebabnya, Yuk!

Bermain air memang menjadi hal yang menyenangkan bagi anak. Tidak heran banyak anak yang senang berlama-lama ketika bermain air. Namun, tidak halnya dengan kegiatan mencuci rambut atau keramas. Seperti kita tahu, kegiatan satu ini sering kali membuat anak kabur atau bahkan menangis. Kira-kira apa sih yang menyebabkan anak sering menangis pada saat keramas?


Beberapa Penyebab Anak Tidak Suka Keramas

1. Merasa Kedinginan

Sebagian orang tua biasanya mencoba membiasakan anak untuk mandi dengan air dingin sejak kecil. Padahal beberapa anak sering kali merasa sangat dingin ketika harus menggunakan air dingin pada saat keramas. Akibatnya si anak merasa tidak nyaman bahkan ada pula yang merasa sakit saat kulit kepalanya terkena air dingin tersebut.

 

2. Terganggu Dengan Air Yang Mengucur Deras Di Wajah

Seperti kita tahu bahwa sebagian besar anak merasa takut terhadap air yang mengalir di wajahnya. Hal ini terjadi karena anak merasa tidak bisa bernafas atau gelagapan saat air mengenai wajah ketika sedang keramas.

 

3. Merasakan Perih Ketika Sampo Mengenai Mata

Rasa perih dan tidak nyaman merupakan hal yang paling umum dialami oleh sebagian besar anak kecil. Rasa perih ini sendiri seringkali dirasakan ketika sampo atau air bilasan mengenai mata si anak. Hal ini pada dasarnya dapat menjadi pertanda bahwa sampo yang digunakan memiliki campuran bahan kimia yang kurang baik untuk si anak.

Ilustrasi anak menangis saat keramas
Ilustrasi anak menangis saat keramas

 

Cara Mengatasi Anak Tidak Suka Keramas

1. Gunakan Air Hangat

Para orang tua sebaiknya menggunakan air hangat secara perlahan agar si anak merasa nyaman saat mencuci rambut atau keramas.

 

2. Gunakan Topi Keramas dan Ajak Anak Bermain

Orang tua bisa menggunakan topi keramas dengan warna yang lucu. Tidak lain dan tidak bukan agar si anak merasa senang. Tidak hanya menggunakan topi keramas, orang tua juga bisa mengajak anak bermain sambil keramas untuk mengalihkan perhatiannya dari rasa takut.

 

3. Gunakan Sampo Berbahan Dasar Alami

Seperti kita tahu bahwa formula sampo untuk anak berbeda dengan sampo dewasa. Oleh karena itu, orang tua bisa memulai dengan memilih produk sampo yang mengandung bahan alami seperti Produk Ms Glow Kids Mild Shampoo.

Shampoo MS Kids
Shampoo MS Kids

 

Sekilas tentang Ms Glow Kids Mild Shampoo

Ms Glow Kids Mild Shampoo merupakan salah satu dari rangkaian produk yang diperuntukkan untuk anak-anak yang mengandung royal jelly, kolagen, dan UV Protection yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Kandungan bahan alami inilah yang membuat Ms Glow Kids Mild Shampoo sudah dermatology tested dan hypoallergenic sehingga tidak perih di mata dan tidak menyebabkan iritasi saat digunakan.

Nah untuk para orang tua yang anaknya masih sulit ketika diajak keramas, bisa coba terapkan tips diatas ya! Walaupun rasa tidak nyaman pada anak seringkali menjadi momok tersendiri, hal tersebut harus diatasi. Sebab kebiasaan tidak mencuci rambut yang dibiarkan akan terus berlanjut hingga dewasa dan dapat menyebabkan bau tak sedap, rambut kotor hingga permasalahan lainnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.